PELATIHAN BAHASA INGGRIS TOEFL BAGI MAHASISWA JURUSAN KEPERAWATAN

PELATIHAN BAHASA INGGRIS TOEFL BAGI MAHASISWA JURUSAN KEPERAWATAN

Authors

  • I Gede Nika wirawan nika wirawan ITB Stikom Bali
  • I Gusti Bagus Agung Kusuma Atmaja ITB-STIKOM Bali
  • I Wayan Suryasa ITB-STIKOM Bali
  • Anak Agung Ayu Meitridwiastiti ITB-STIKOM Bali

DOI:

https://doi.org/10.56606/hikmayo.v2i2.103

Keywords:

Pelatihan TOEFL bahasa Inggris, pengajaran, Kelompok Belajar

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa khususnya TOEFL yang kegiatannya dilaksanakan di kampus Jurusan Keperawatan yang. Penguasaan Bahasa Inggris terutama English TOEFL memiliki peranan yang sangat penting karena sertifikat TOEFL bisa digunakan untuk melamar kerja maupun digunakan sebagai syarat untuk bisa diterima di perguruan tinggi negeri. Pelatihan TOEFL Bahasa Inggris ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris TOEFL  mahasiswa jurusan keperawatan. Metode Communicative Language Teaching in Secondary Level merupakan metode pengajaran yang digunakan dalam pelatihan Bahasa Inggris TOEFL. Pelatihan TOEFL Bahasa Inggris merupakan pelatihan yang diadakan berkat kerjasama antara Prodi Bahasa Inggris Universitas Bali Dwipa dan jurusan keperawatan.  Pelatihan TOEFL ini dilaksanakan secara offline sebelum pandemi untuk mendapatkan hasil kegiatan pembelajaran yang optimal. Para peserta pelatihan Bahasa Inggris TOEFL ini nampak sangat antusias dan aktif untuk mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris TOEFL yang meliputi listening, structure and written expression, reading. Peserta pengabmas diberikan beberapa topik pelatihan tentang tenses TOEFL meliputi listening, reading dan written and structure expression. Peserta pelatihan TOEFL Bahasa Inggris ini juga melakukan latihan–latihan soal TOEFL dengan yang didampingi oleh pengajar sehingga pengajar bisa memantau langsung terhadap proses perkembangan peserta didiknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brown, H. D. (2000). Principles of language learning and teaching (4th ed.). Longman.
Budiarso, I. (2019). Analisis Metode Communicative Language Teaching Terhadap
Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Guru-Guru SMK dan SMP Islam Mandiri Bojong
Gede Bogor. Jurnal SAP, 3(3), 239–247.
Crystal, D. (2003). English as a Global Language (2nd ed.). Cambridge University Press.
Johnson, K., & Johnson, H. (1998). Communicative Methodology. In K. Johnson & H
. Johnson (Eds.), Encylopedic Dictionary of Applied Linguistics. Blackwell.
Juliarta, I. M. (2021). PELATIHAN BAHASA INGGRIS JURUSAN KEPERAWATAN
POLTEKKES DENPASAR. Jurnal Warta Desa (JWD), 3(1), 22-26.
Kusuma, D., Zakaria, & Djuwita, P. (2017). Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris
dalam Meningkatkan Kemampuan Writing Siswa SMP. Manajer Pendidikan, 11(3),
254–262.
Nurcahyani, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Media
Flash Card Siswa Kelas 3 SDN Putat 02, Geger, Madiun Tahun Ajaran 2019/2020.
Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2001). Approaches and Methods in Language Teaching
(2nd ed.). Cambridge University Press.
Seraj, P. M. I., & Mamun, M. A. A. (2011). Speaking and Listening Practice in English
Language Learning through Communicative Language Teaching at HSC Level.
Online Journal of G-Science Implementation and Publication, 2(4).
Shields-Lysiak, L. K., Boyd, M. P., Iorio, J. P., & Vasquez, C. R. (2020). Classroom
greetings: More than a simple hello. Iranian Journal of Language Teaching
Research, 8(3), 41–56.
Tarigan, H. G. (2013). Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Downloads

Published

2023-10-30