LITERASI DIGITAL SEBAGAI UPAYA PENDAMPINGAN PENGUATAN KOMPETENSI PENDIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Ellisia Kumalasari Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Risqi Ekanti Ayuningtyas Palupi Politeknik AKBARA Surakarta
  • Rhesma Intan Vidyastari Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Desriyanti Desriyanti Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Abstract

Masih berlangsungnya pandemi Covid-19 memberikan dampak yang mempengaruhi segala aspek kehidupan, tidak terkecuali bidang pendidikan. Berbagai kebijakan telah diambil sebagai upaya untuk menekan angka penyebaran virus ini. Adapun dalam bidang pendidikan salah satu langkah atau kebijakan yang diambil adalah dengan ditiadakannya pembelajaran tatap muka dan diganti dengan pembelajaran daring atau online. Tidak hanya kegiatan pembelajaran di tingkat sekolah (SD,SMP,SMA) tetapi juga berlaku sampai ke tingkat Universitas. Kebijakan belajar daring juga bukan tanpa kekurangan. Masih banyak dijumpai kendala yang mengakibatkan terhambatnya keberlangsungan pembelajaran secara daring. Salah satu kendala yang dihadapi adalah masih banyaknya tenaga pendidik yang tidak atau belum menguasi teknologi dengan baik, serta memanfaatkannya sebagai salah satu bagian dari media belajar daring ini. Berdasarkan hal tersebut di atas, maka dirasa perlu untuk memberikan pelatihan dan pendampingan mengenai Literasi Digital sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran itu sendiri. Adapun pelatihan dan pendampingan ini dilaksanakan oleh para pakar dan tenaga ahli dari bidang IT, sehingga diharapkan hasil akhir dari pendampingan ini dapat meningkatkan keterampilan pendidik dalam menggunakan software maupun hardware. Dari kegiatan pelatihan dan pengabdian ini, keterampilan pendidik dalam mengoperasikan media pembelajaran mengalami peningkatan. Hal ini bisa dilihat dari hasil lokakarya yang telah dibuat, di mana 27 dari 30 peserta telah mengalami peningkatan baik dari pengetahuan maupun keterampilan daripada penggunaan media pembelajaran yang telah dilatihkan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kumalasari, E., & Erika, E. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Kalkulus Berbasis Multimedia Menggunakan Macromedia Flash. Jurnal Edukasi, 5(1), 1-4.
Nurkolis, N., & Muhdi, M. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212-228.
Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633-640.
Karaman, J., Aliyadi, A., & Kumalasari, E. (2021). PELAKSANAAN UJIAN TES SEKRETARIS DESA DI DESA WILANGSARI DENGAN MENGGUNAKAN COMPUTER ASSISTED TEST. JMM-Jurnal Masyarakat Merdeka, 4(1).
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.
Published
2022-04-30
How to Cite
KUMALASARI, Ellisia et al. LITERASI DIGITAL SEBAGAI UPAYA PENDAMPINGAN PENGUATAN KOMPETENSI PENDIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19. HIKMAYO: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT AMAYO, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1 - 9, apr. 2022. ISSN 2828-7479. Available at: <https://jurnal.amayogyakarta.ac.id/index.php/HIKMAYO/article/view/14>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.56606/hikmayo.v1i1.14.