PENTINGNYA DIGITAL MARKETING UNTUK GENERASI MUDA DAN PELAKU UMKM
DOI:
https://doi.org/10.56606/hikmayo.v3i2.226Keywords:
Digital Marketing, Strategi Marketing, UMKMAbstract
Perubahan sistem pemasaran dari tradisional menjadi digital marketing untuk menghadapi era 5.0 memaksakan pihak UMKM untuk melakukan perubahan dalam sistem pemasaran produknya melalui media sosial. Berdasarkan hal tersebut masih banyak pelaku UMKM yang belum memahami digital marketing. Untuk itu, tujuan kegiatan abdimas ini memberikan pengetahuan dan pelatihan bagi generasi muda dan UMKM tentang digital marketing bagi pemasaran dengan memanfaatkan media sosial. Metode kegiatan abdimas yakni ceramah, diskusi dan pelatihan secara langsung kepada pelaku UMKM. Peserta abdimas yakni para pelaku UMKM dan generasi muda di Kelurahan Triwidadi Kapanewon Pajangan kabupaten Bantul dengan kriteria belum mengetahui sistem digital marketing untuk pemasaran. Hasil dari abdimas yakni peserta mendapatkan tambahan ilmu dan pengetahuan mengenai digital marketing mulai dari pengertian, jenis, dan pemanfaatannya bagi pemasaran produk UMKM dan peserta dapat membuat konten dan caption sebagai pendukung postingan gambar/foto/video produk dalam yang akan dipasorog di whatshap, tiktok dan akun Instagram yang memiliki sifat persuasif.
Kata-kata kunci: Digital Marketing, Konten, Caption
Downloads
References
febrianto Mohammad Trio, A. D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean”.
Irawati, R., & Prasetyo, I. B. (2021). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN)
Rachmadi, T. (2020). The Power Of Digital Marketing.
Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal. Generation Journal, 4. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906
Nurpratama, M., & Anwar, S. (2020). Penerapan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kelurahan Karangmalang Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu. Jurnal Investasi,
Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal.