PENTINGNYA DIGITAL MARKETING UNTUK GENERASI MUDA DAN PELAKU UMKM

Authors

  • Cinthia Mutiara Hapsari Akademi Manajeman Administrasi Yoagyakarta
  • Herman Wahyu Dwi Maelana Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta
  • Khoiri Najib Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta
  • Prihartanto Eko Wibowo Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta
  • Mohammad Sholikin Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.56606/hikmayo.v3i2.226

Keywords:

Digital Marketing, Strategi Marketing, UMKM

Abstract

Perubahan  sistem  pemasaran  dari  tradisional  menjadi  digital  marketing  untuk menghadapi era 5.0 memaksakan pihak UMKM untuk melakukan perubahan dalam sistem  pemasaran produknya melalui  media  sosial.  Berdasarkan hal  tersebut  masih banyak pelaku UMKM yang belum memahami digital marketing. Untuk itu, tujuan kegiatan  abdimas ini  memberikan pengetahuan  dan  pelatihan  bagi generasi muda dan  UMKM  tentang digital  marketing  bagi  pemasaran  dengan  memanfaatkan  media  sosial.  Metode kegiatan abdimas yakni ceramah, diskusi dan pelatihan secara langsung kepada pelaku UMKM.  Peserta  abdimas  yakni  para  pelaku  UMKM dan generasi muda  di  Kelurahan  Triwidadi Kapanewon Pajangan kabupaten Bantul  dengan  kriteria  belum  mengetahui  sistem  digital marketing untuk pemasaran. Hasil dari abdimas yakni peserta mendapatkan tambahan ilmu dan  pengetahuan  mengenai digital marketing mulai dari  pengertian, jenis, dan pemanfaatannya bagi pemasaran produk UMKM dan peserta dapat membuat  konten dan  caption  sebagai  pendukung  postingan  gambar/foto/video  produk  dalam yang akan dipasorog di whatshap, tiktok dan   akun Instagram yang memiliki sifat persuasif.

 

Kata-kata kunci: Digital Marketing, Konten, Caption

Downloads

Download data is not yet available.

References

febrianto Mohammad Trio, A. D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean”.

Irawati, R., & Prasetyo, I. B. (2021). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN)

Rachmadi, T. (2020). The Power Of Digital Marketing.

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal. Generation Journal, 4. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906

Nurpratama, M., & Anwar, S. (2020). Penerapan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kelurahan Karangmalang Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu. Jurnal Investasi,

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal.

Downloads

Published

2024-10-30