PENDAMPINGAN MAHASISWA DALAM MENGOPTIMALKAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH MELALUI MENDELEY
DOI:
https://doi.org/10.56606/hikmayo.v4i1.280Keywords:
Karya Ilmiah, Mendeley, Manajemen Referensi, Pendampingan, PARAbstract
Penyusunan karya ilmiah yang berkualitas menuntut mahasiswa untuk mampu mengelola referensi secara efektif dan sesuai standar akademik. Namun, banyak mahasiswa menghadapi kendala dalam mengatur referensi secara sistematis, yang berpotensi menimbulkan kesalahan format sitasi atau plagiarisme yang tidak disengaja. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengoptimalkan penggunaan Mendeley sebagai alat bantu manajemen referensi. Metode Participatory Action Research (PAR) diterapkan dalam program ini dengan melibatkan mahasiswa sebagai peserta aktif dalam seluruh tahapan kegiatan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Kegiatan dilaksanakan melalui serangkaian pelatihan intensif yang mencakup teori dasar Mendeley, praktik langsung dalam mengelola referensi, dan pendampingan dalam penyusunan karya ilmiah berbasis studi kasus. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan mahasiswa mengatur referensi, membuat daftar pustaka, serta memanfaatkan fitur-fitur Mendeley secara optimal. Analisis lebih lanjut mengungkapkan bahwa mahasiswa yang mengikuti program ini cenderung lebih produktif dalam menyusun karya ilmiah dengan tingkat kesalahan sitasi yang lebih rendah dibandingkan sebelumnya. Meskipun program ini efektif, terdapat kelemahan berupa keterbatasan waktu pendampingan yang menghambat penguasaan fitur-fitur lanjutan oleh sebagian peserta. Oleh karena itu, disarankan agar program serupa di masa depan dilengkapi dengan sesi pendampingan individu yang lebih intensif dan forum diskusi daring untuk mendukung mahasiswa secara berkelanjutan.
Downloads
References
Ali Sadikin, Asni Johari, Jodion Siburian, Ervan Johan Wicaksana, & Desfaur Natalia. (2021). Pelatihan Mendeley untuk Menunjang Karya Ilmiah Guru-Guru SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti. Jurnal SOLMA, 10(1), 1–7. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1.5441
Asnawi, A., & Alber, F. E. (2021). Pelatihan Manajemen Referensi Menggunakan Mendeley untuk Menulis Artikel Ilmiah bagi Guru-guru MGMP SMP Negeri di Pekanbaru. Jurnal Dedikasia, 1(2), 148–158. https://doi.org/10.30983/dedikasia.v1i2.5148
Brydon-Miller, M., Kral, M., & Ortiz Aragón, A. (2020). Participatory action research: International perspectives and practices. International Review of Qualitative Research, 13(2), 103–111.
Budhyani, I. D. A. M., & Angendari, M. D. (2021). Kesulitan dalam Menulis Karya Ilmiah. Mimbar Ilmu, 26(3), 400. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.40678
Ginanjar, A. (2018). PENINGKATAN MUTU KARYA TULIS DOSEN FIS DENGAN MENGGUNAKAN REFERENCE MANAGER SOFTWARE MENDELEY. Harmony, 3(2), 199–203. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/harmony.v3i2.28183
Hanafiah, H., Sauri, R. S., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.
Heriyudananta, M. (2021). Analisis Kompetensi Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa di Indonesia. Ascarya: Journal of Islamic Science, Culture, and Social Studies, 1(1), 47–55. https://doi.org/10.53754/iscs.v1i1.5
Maryatun, M. (2020). Efektivitas kegiatan literasi digital dalam meningkatkan kemampuan penulisan karya ilmiah bagi mahasiswa. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 15(2), 145–166.
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57.
Masyudi, L., Sri W., I. W. (2019). Peningkatan Profesionalitas Dosen di Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram Melalui Pelatihan Penelusuran Sumber Pustaka secara Online dan Penulisan Daftar Pustaka Menggunakan Mendeley. Jurnal Media Bina Ilmiah, 13(6), 1237–1242. https://doi.org/https://doi.org/10.33758/mbi.v13i6.198
Mega, I. R., & Sugiyarti, S. (2021). Peningkatan Kecakapan Hidup Melalui Program Pelatihan Kreativitas Untuk Melatih Kemandirian Ekonomi. Adimas?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 29. https://doi.org/10.24269/adi.v5i1.3096
Mubarok, M. S., Waldy Kariman, M., Salam, F., Silcilia, P., Fiqri Muzahidat, S., Faruk Romdoni, S., Rahmat, A., Ridwan Firdaus, M., Fahmi Assidiq, M., Saptahadi Ilmasik, H., Esa Saputra, R., Subarkah, A., Nurhasna Fauziyah, R., Ramadhan, S., Beni Okta Sari, C., Idris Purnama, F., Ezar Benandika, M. R., Zayin, R., Mu’min, M., … Zulfa Faiha, H. (2023). Peningkatan Pemahaman Karya Tulis Ilmiah Bagi Siswa Madrasah Aliyah Miftahul Anwar. Jurnal PkM MIFTEK, 4(2), 113–118. https://doi.org/10.33364/miftek/v.4-2.1469
Muhali, M., Asy’ari, M., Prayogi, S., Samsuri, T., Karmana, I. W., Sukarma, I. K., Mirawati, B., Firdaus, L., & Hunaepi, H. (2019). Pelatihan kegiatan penelitian dan penulisan karya ilmiah bagi Guru Madrasah Aliyah Negeri 3 Lombok Tengah. Abdihaz: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 28–36.
Ni’amah, M., Asfahani, A., Musa, M., & Husnita, L. (2023). Pendampingan Kajian Agama dan Wawasan Keagamaan dalam Meningkatkan Spiritual Siswa SMK. Assoeltan: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(1), 11–19.
Nugrahanti, T. P., Qurtubi, A. N., Nazmi, R., Husnita, L., & Zahruddin, A. (2023). Pelatihan Pencarian Referensi Penelitian di Jurnal Index Scopus dan Pengenalan Mendeley Desktop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Tingkat Akhir. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 585–591.
Nugroho, T. R., Kasnowo, K., & Verlandes, Y. (2021). Pelatihan Pencarian Referensi Penelitian di Jurnal Bereputasi dan Penggunaan Reference Manager Mendeley Serta Spinner-id untuk Meningkatkan Publikasi Ilmiah di Kalangan Akademik Secara Online. ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 62–68.
Nurseto, T., Wahyuni, D., Baroroh, K., Ngadiyono, N., & Sulasmi, S. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Berbasis 4C1L untuk Kemandirian Riset Siswa SMAN 3 Yogyakarta. Jurnal Anugerah, 5(2), 219–231. https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i2.6333
Rahmawati, C., Meliyana, Yuliana, helwiyah Z. (2018). Pelatihan Software Mendeley dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah bagi Dosen. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 30–36. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/jpkm.v8i1.200
Sugrah, N. (2019). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121–138.
Wardani, N. W., & Ginantra, N. L. W. S. R. (2020). Pelatihan Aplikasi Mendeley untuk Referensi dalam Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru SMK Dwijendra Denpasar. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 13–20. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i1.279
Wilyanti, L. S., Wulandari, S., Asfahani, A., & Priyanto, P. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley untuk Sitasi Artikel Ilmiah pada Jurnal Bereputasi Nasional. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(1), 55–64.
Windarto, A. P., Hartama, D., Wanto, A., & Parlina, I. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Desktop Sebagai Program Istimewa Untuk Akademisi Dalam Membuat Citasi Karya Ilmiah. AKSIOLOGIYA?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 145. https://doi.org/10.30651/aks.v2i2.1319