MOTIVASI BELAJAR DAN BERWIRAUSAHA PADA MASA PANDEMI COVID – 19 UNTUK PARA SANTRI DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA STIKES SURYA GLOBAL

  • Mochamad Rofik Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta
  • Andhina Ika Sunardi Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta
  • Wilis Fahlefi Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta
  • Muhammad Fatkhurohman Albashori Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta

Abstract

Sudah menjadi keniscayaan Pengurus Pondok Pesantren Mahasiswa Stikes Surya Global harus mampu meningkatkan fungsi-fungsi manajemen, dan ini menjadi kewajiban dari setiap pengurus untuk mendorong dan memotivasi setiap mahasiswa santrinya untuk meningkatkan kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial, kecerdasan mental dan ide-ide kreatif sehingga dapat mengembangkan kemampuan, kemauan dan bakat dalam diri mahasiswa santri tersebut. Tujuan kegiatan abdimas ini adalah untuk menanamkan dan meningkatkan motivasi belajar dan beramal kegiatan pada mahasiswa santri Pondok Pesantren Mahasiswa Stikes Surya Global. Kegiatan Pelatihan ini diikuti oleh mahasiswa santri Pondok Pesantren Mahasiswa Stikes Surya Global. Kegiatan ini melibatkan tim dosen AMA Yogyakarta dalam upaya menjalin kerjasama dengan pihak Pondok Pesantren Mahasiswa Stikes Surya Global untuk meningkatkan minat dan bakatnya serta pembentukan karakter. Berdasarkan data hasil pengabdian di lapangan yang penulis lakukan, bahwa motivasi mahasiswa santri mempunyai kemampuan untuk hidup mandiri, menambah kemampuan daya hidup dan kemampuan berinteraksi sosial di lingkungan pondok pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albashori, M. (2019). Pengaruh Motivasi dan Beban Kerja terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Non Medis di RUmah Sakit Bhayangkara POLDA DIY. ALBAMA.
Alma, B. (2011). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Mun'awanah. (2011). Strategi Pembelajaran. Kediri: STAIN Kediri Press.
Nurhayati, A. (2010). Inovasi Kurikulum: Telaah Terhadap Pengembangan Kurikulum . Yogyakarta: Teras.
Sardiman. (2020). Interaksi Dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Subandi, S., Putro, K. Z., & Hamid, M. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS DAN MOTIVASI YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PADA MAHASISWA AKADEMI MANAJEMEN ADMINISTRASI YOGYAKARTA (Doctoral dissertation, STIE Widya Wiwaha).
Subandi, S., & Hamid, M. S. (2021). STUDENT SATISFACTION, LOYALTY, AND MOTIVATION AS OBSERVED FROM THE SERVICE QUALITY. Journal of Management and Islamic Finance, 1(1), 136-153.
Sunardi, A. I. (2021). Student Motivation in Online English Learning. ELE Reviews, 110-124.
Published
2022-04-30
How to Cite
ROFIK, Mochamad et al. MOTIVASI BELAJAR DAN BERWIRAUSAHA PADA MASA PANDEMI COVID – 19 UNTUK PARA SANTRI DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA STIKES SURYA GLOBAL. HIKMAYO: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT AMAYO, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 18 - 26, apr. 2022. ISSN 2828-7479. Available at: <https://jurnal.amayogyakarta.ac.id/index.php/HIKMAYO/article/view/43>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.56606/hikmayo.v1i1.43.