PENINGKATAN KETRAMPILAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DALAM MENDUKUNG KEBERHASILAN PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI

  • Wahyudiyono Wahyudiyono Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta
  • Endah Wening Budiningrum Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta

Abstract

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di RT 7 Padukuhan  Gonjen, Tamantirto, Kasihan, Bantul D.I. Yogyakarta.  Pengabdian dilakukan dengan memberikan pelatihan berkomunikasi kepada bapak-bapak dan remaja yang telah terdaftar sebagai peserta pelatihan komunikasi efektif yaitu sejumlah 23 peserta. Metode yang digunakan adalah Tatap muka di dalam ruangan dengan pemberian materi oleh nara sumber dan dilanjutkan dengan diskusi / Tanya jawab / simulasi terkait komunikasi.  Komunikasi adalah proses pernyataan isi pikiran atau isi perasaan seseorang kepada orang lain dengan menggunakan medium bahasa. Komunikasi berati juga penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan. Pesan tersebut terdiri dari isi pesan (the content of the massege) dan lambang (symbol). Isi pesan dimediasi oleh pikiran atau perasaan dan lambang dimediasi oleh bahasa. Komunikasi adalah salah satu sarana untuk terkoneksi dengan orang lain. Ada komunikasi yang bersifat verbal dan ada pula yang bersifat non verbal. Komunikasi verbal adalah komunikasi yang terjadi dengan berbicara pada orang lain sedangkan non verbal adalah komunikasi yang terjadi melalui perantara atau media. Dalam komunikasi verbal maka sangat penting untuk bisa menyusun kata-kata yang keluar dari mulut kita menjadi sebuah informasi yang dapat dimengerti, berguna dan menarik bagi   lain. Komunikasi yang jelas akan membuat orang lain memperhatikan dan menghargai apa yang kita bicarakan inilah yang dimaksud komunikasi efektik. Komukasi secara efektif perlu lebih diperhatikan terlebih pada pembelajaran Online. Internet dalam masa pandemi menjadi solusi ideal yang digunakan dalam pembelajaran.  Internet mampu memberikan dukungan bagi terselenggaranya proses komunikasi interaktif dalam pembelajaran sebagaimana yang dipersyaratkan dalam suatu kegiatan pembelajaran daring atau Online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Belawati, T. (2020). Pembelajaran Online. Banten: Universitas Terbuka.

Budi, R. (2010). Pengantar Ilmu Komunikasi. Makasar: Kretakupa Print.

Kurniati, D. P. (2016). Komunikasi Verbal dan Non Verbal. Denpasar: Universitas Udayana.

Mulyana, D. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Published
2022-04-30
How to Cite
WAHYUDIYONO, Wahyudiyono; BUDININGRUM, Endah Wening. PENINGKATAN KETRAMPILAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DALAM MENDUKUNG KEBERHASILAN PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI. HIKMAYO: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT AMAYO, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 10 - 17, apr. 2022. ISSN 2828-7479. Available at: <https://jurnal.amayogyakarta.ac.id/index.php/HIKMAYO/article/view/44>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.56606/hikmayo.v1i1.44.