STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM DENGAN MENGATASI PERMASALAHAN UMKM DALAM MENDAPATKAN KREDIT USAHA

  • Muhammad Isnaini Fathoni Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta
  • Yuliantoharinugroho Yuliantoharinugroho Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta
  • Khoiri Najib Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta
  • Mursyid Mursyid Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta

Abstract

Sudah seharusnya masyarakat yang memiliki usaha harus mempunyai keahlian dan pengetahuan dalam hal menangani permasalahan dan melakukan beberapa macam strategi terutama dalam mengatasi permasalahan umkm dalam mendapatkan kredit usaha, sehingga masyarakat bisa melakukan pengembangan umkmnya dengan mudah tanpa adanya kendala.Tujuan kegiatan abdimas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengatasi permasalahan UMKM terutama dalam hal mendapatkan kredit usaha dan strategi pengembangannya. Kegiatan Pengabdian  masyarakat ini diikuti oleh masyarakat pelaku UMKM. Kegiatan ini melibatkan tim dosen AMA Yogyakarta dalam upaya menjalin kerjasama dengan pihak masyarakat dalam rangka mengembangkan UMKM. Berdasarkan data hasil pengabdian di lapangan yang penulis laksanakan, bahwa dengan diadakan pengabdian ini masyarakat mempunyai kemampuan untuk melakukan pengembangan UMKM yang telah dimilikinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dasanova, O. (2013). Peran Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) dalam Membantu Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Malang. Malang: SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM.
Rafidah, A. R. (2017). Analisis Peran Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Kota Jambi Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Yang Mendapatkan Pembiayaan Bri Syariah. IJEB, 80-90.
Mayor, D. (2019). PEMBERDAYAAN PELAKU USAHA BORDIR SKALA MIKRO DI KECAMATAN BANGIL KABUPATEN PASURUAN PROVINSI JAWA TIMUR. J-3P (Jurnal Pembangunan Pemberdayaan Pemerintahan), 83-93.
Mun'awanah. (2011). Strategi Pembelajaran. Kediri: STAIN Kediri Press.
Ulya, F., & Saputro, P. D. (2020). Pengembangan UMKM Kota Surabaya di Era Industri 4.0 melalui Penerapan Financial Technology. Jurnal Pengabdian Masyarakat ITS NU Pasuruan. 1(01), 11-17.
Published
2022-04-30
How to Cite
FATHONI, Muhammad Isnaini et al. STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM DENGAN MENGATASI PERMASALAHAN UMKM DALAM MENDAPATKAN KREDIT USAHA. HIKMAYO: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT AMAYO, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 27 - 35, apr. 2022. ISSN 2828-7479. Available at: <https://jurnal.amayogyakarta.ac.id/index.php/HIKMAYO/article/view/45>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.56606/hikmayo.v1i1.45.