MOTIVASI WIRAUSAHA BAGI PELAKU UMKM DESA WISATA NGLANGGERAN GUNUNGKIDUL

  • Suhartapa Suhartapa Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
  • Ary Subiyantoro Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta
  • Susatyo Herlambang Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta

Abstract

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan maksud dan tujuan untuk memberikan pendampingan pengelolaan usaha UMKM dengan pokok pembahasan Motivasi Wirusaha bagi pelaku UMKM di Desa Wisata Nglanggeran Kapanewon Patuk Gunungkidul. Sasaran yang digunakan dalam pengabdian masyarakat kali ini adalah pelaku usaha UMKM di Desa Wisata Nglanggeran Kapanewon Patuk Gunungkidul. Pengabdian masyarakat ini diikuti peserta pelaku UMKM sebanyak 30 orang. Metode yang digunakan adalah Tatap muka di dalam ruangan dengan pemberian materi oleh nara sumber dan dilanjutkan dengan diskusi / Tanya jawab terkait Motivasi Wirausaha UMKM. Rumusan masalah yang digunakan adalah Bagaimana pelaksanaan Motivasi Wirusaha UMKM di Desa Wisata Nglanggeran Kapanewon Patuk Gunungkidul.? Dari hasil pelaksanaan pengabdian masyarakat ini didapatkan bahwa pelaku UMKM siap untuk melakukan perubahan dalam kemasan dan pemasaran serta perubahan  manajemen usaha UMKM di Desa Wisata Nglanggeran Kapanewon Patuk Gunungkidul serta ada kepastian pendampingan usaha UMKM dari Pihak Kampus Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo (STIPRAM) Yogyakarta secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ernie Trisnawati S. (2005). Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Glen A Welsch, Ronald W Hilton, Paul N. Gorden.(2000). Anggaran : perencanaan pengendalian lab, diterjemahkan oleh Purwatiningsih, Maudy Warouw Jakarta : Salemba Empat.
Ika Sari Dewi, S.S., M.Si. dan I.K. Sihombing, M.Si.(2019). Kewirausahaan dan manajemen strategis UMKM Pedesaan Buku Pendidikan Deepublish.
Irawan, Prasetya. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : STIA LAN Press
Koontz, Harold, Cryl O’ Donnell. (1996). Manajemen. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Melayu S.P. Hasibuan. (2001). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Notoatmodjo, Soekidjo. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
M. Nafarin. (2007). Penganggaran Perusahaan Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat
Stephen P. Robbins &Timothy A. Judge. (2008). Perilaku Organisasi Jakarta: Salemba Empat.
Published
2022-04-30
How to Cite
SUHARTAPA, Suhartapa; SUBIYANTORO, Ary; HERLAMBANG, Susatyo. MOTIVASI WIRAUSAHA BAGI PELAKU UMKM DESA WISATA NGLANGGERAN GUNUNGKIDUL. HIKMAYO: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT AMAYO, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 43 - 48, apr. 2022. ISSN 2828-7479. Available at: <https://jurnal.amayogyakarta.ac.id/index.php/HIKMAYO/article/view/48>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.56606/hikmayo.v1i1.48.