PENINGKATAN KESADARAN MEREK DAN CITRA MEREK UNTUK PRODUK RUMAHAN DALAM RANGKA PENINGKATAN DAYA SAING DI UMKM WILAYAH KOTA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.56606/hikmayo.v1i2.63Keywords:
Brand Image, Daya Saing, Usaha Mikro Kecil MenengahAbstract
Pandemi Covid-19 menyebabkan perekonomian mengalaami penurunan, namun saat ini pergerakan perekonomian mulai begerak. Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) yang memuat produk rumahan di wilayah Kota Yogyakarta mengikuti perkembangan situasi dan kondisi. Sebagian besar pelaku UMKM belum sadar dan memahami pentingnya merek untuk produ yang dibuat. Program pengabdian masyarakat, bertujuan untuk memberikan pemahaman dan kesadaran pentingnya merek untuk produk rumahan dalam rangka peningkatan daya saing di UMKM wilayah Kota Yogyakarta, diharapkan memberikan masukan dan tambahan pengetahuan di bidang manajemen pemasaran khususnya kesadaran merek dan brand image untuk UMKM di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 22 Mei 2022, bertempat di Masjid Shirotul Jannah Papringan, Kelurahan Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil dari kegiatan pelatihan ini diharapkan peserta dapat memahami pentingnya merek untuk produk dan dapat menciptakan merek untuk meningkatkan daya saing.
Downloads
References
Kertajaya, Hermawan dan Sula, Syakir M, 2006, Syariah Marketing, Bandung: PT Mizan Pustaka.
Kotler, P., dan Keller, K.L., 2009, Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2001, Dasar-Dasar Pemasaran, Jakarta: PT. Indeks.
Porter, Michael E, 2008, Competitive Advantage (Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggulan), Kharisma Grup.
Rangkuti, Freddy, 2004, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Tjiptono, Fandy, 2005, Brand Management & Strategy, Yogyakarta: Andi Offset.
www.kajianpustaka.com.Merek / Brand (Pengertian, Bagian, Fungsi, Jenis dan Tahapan Perkembangan), dikases pada tanggal 28 Juni 2022, pukul 22.30 wib