PELATIHAN BAHASA INGGRIS BAGI WARGA SANGEH, BADUNG-BALI

PELATIHAN BAHASA INGGRIS BAGI WARGA SANGEH, BADUNG-BALI

Authors

  • I Gede Nika wirawan nika wirawan ITB Stikom Bali

DOI:

https://doi.org/10.56606/hikmayo.v1i2.66

Keywords:

Kelompok Belajar, Pengajaran, Pelatihan Bahasa Inggris

Abstract

Pengabdian masyarakat ini dilakukan di desa Sangeh Badung dalam bentuk kegiatan pelatihan percakapan bahasa Inggris. Menguasai tenses dalam bahasa Inggris sangat penting ketika melakukan percakapan bahasa Inggris dengan tamu asing. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa di kelompok belajar desa Sangeh-Badung. Metode pengajaran yang digunakan dalam pelatihan bahasa Inggris adalah metode Communicative Language Taeching in Secondary Level. Pelatihan Bahasa Inggris ini terselenggara atas kerjasama antara Kursus Konsultan Bahasa dan Program Studi Bahasa Inggris di Universitas Bali Dwipa. Pelaksanaan pelatihan bahasa Inggris ini dilakukan secara offline untuk mendapatkan hasil kegiatan pembelajaran yang maksimal. Peserta pelatihan bahasa Inggris dasar di desa Sangeh Badung sangat antusias dan aktif mengikuti pembelajaran atau pelatihan percakapan bahasa Inggris. Para siswa diberikan pemahaman tentang tenses bahasa Inggris yang sering digunakan, yaitu simple present tense, simple future tense dan simple past tense. Selain itu, peserta pelatihan bahasa Inggris dasar ini juga melakukan latihan percakapan langsung dengan guru sehingga guru dapat memantau secara langsung proses perkembangan siswanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djojosuroto. 2007. Filsafat Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
Dijk, Teun A. Van. 2000. Ideology A Multidisciplinary Approach. New Dehli: Sage
Publications India Ltd.
Eggins, Suzanne, 2004. An Introduction to Functional Linguistics.New York: Continuum.
Halliday, M.A.K. 1978. Language as Social Semiotics.London: Edward Arnold.
Halliday, M.A.K. dan Ruqiaya Hasan. 1999. Language, Context, and Text: Aspect of
Language in Social-Semiotic Perspective. London: Deikin University.
Halliday, M.A.K. 2003.The language of Early Childhood.Webster (Edditor). London:
Continuum.
Halliday, M.A.K dkk 2004.Lexicology and Corpus Linguistics An Introduction. London:
Continuum.
Halliday, M.A.K. 2014.Halliday’s Introduction to Functional Grammar.London: Routledge.
Martin, J R. 1992. English Text System and Structure.Amsterdam: University of Sydney.
Schleppegrell, Mary J. 2008. The Language of Schooling A Functional Linguistics
Perspective. London: Lawerence Erlbaum Associates, Publisher

Downloads

Published

2022-10-12