PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN CITRA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN PUSKESMAS MULIA BARU KABUPATEN KETAPANG PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Authors

  • Irine Diana Sari Wijayanti Anggota
  • Prihartanto Eko Wibowo Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta
  • Khoiri Najib Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta
  • Purwanta Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta
  • Fanny Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.56606/albama.v17i2.235

Keywords:

service quality, facilities, image, community satisfaction

Abstract

The aim of this research is to determine the influence of service quality, facilities and image partially or simultaneously on community satisfaction with the services of the Mulia Baru District Health Center. Ketapang, West Kalimantan. This type of quantitative research with a total sample of 92 samples. The types of data used are primary data and secondary data, which were obtained from distributing questionnaires and literature studies. Data testing in this research is validity test, reliability test, classic assumption test consisting of normality, multicollinearity and heteroscedasticity tests, then multiple linear analysis tests, t test (partial), F test (simultaneous), correlation test and determination test. processed using SPSS version 20.0 for Windows computer software. The results of the research show that partially the facility and image variables have an influence on community satisfaction, while the service quality variable has no influence on community satisfaction with the services of the Mulia Baru District Health Center. Ketapang, West Kalimantan. And simultaneously it is significant for community satisfaction with Mulia Baru Community Health Center services and is very strongly correlated. Apart from that, the variables of service quality, facilities and image contribute 70.5% to community satisfaction, while the remaining 29.5% is influenced by other variables not examined in this research.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianto, Elvinaro. (2017). Metode Penelitian untuk Public Relations: Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: PT Simbiosa Rekatama.

Budiarto. (2015). Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas di Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang. Skripsi. Program Studi Administrasi Negara, Hasanuddin

Departemen Kesehatan RI. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Jakarta: Depkes RI.

Dewi, Y. M, dan Asminah, R. (2018). Pengaruh Citra Puskesmas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Dongko Trenggalek. Jurnal Aplikasi Bisnis, Vol. IV, No. 1

Diskah, dkk. (2012). Analisis Kepuasan Pasien sebagai Mediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Citra Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru. Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol. X, No. 3

Fajar, Laksana, (2018). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

Felisitas, E. M. L. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien. Skripsi. Program Studi Manajemen, Sanata Dharma

Ferrinadewi, Erna. (2018). Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ghozali, (2014). Aplikasi analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP , Semarang.

Hasmin, dkk. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Citra Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Solo Kabupaten Wajo. Journal of Management. Vol. I, No. 3

Jarliyah, H, dan Nadiya, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Aceh Barat Daya. Journal Balance, Vol. XIV, No. 1

Kasali, Rhenald. (2013). Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT. Pusaka Utama Grafiti

Kotler dan Keller. (2019). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Lovelock, C, dan John Wirtz,(2011). Pemasaran Jasa Perspektif, edisi 7. Jakarta : Erlangga.

Nugi, dkk. (2017). Analisis Pengaruh Citra dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Serta Implikasinya Pada Komunikasi Pemasaran di Rumah Bersalin Fatimah Kota Bandung. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri. Vol. III, No. 1

Parasuraman., (2014). The Behaviorial Consequenses of Service Quality. New Jersey : Prentince Hall.

Puskesmas Parakan. (2018). Peran Puskesmas Parakan dalam Rangka Peningkatan Derajat Kesehatan di Wilayah Kerja. [Online], Tersedia: http://puskesmasparakan.temanggungkab.go.id/home/berita/252/peran-puskesmas-parakan-dalam-rangka-peningkatan-derajat-kesehatan-di wilayah-kerja-. [30 Maret 2024]

Ramli, K. (2011). Skala Pengukuran dan Instrument Penelitian. [Online], Tersedia: https://kamriantiramli.wordpress.com/2011/05/16/skala-pengukuran-dan-instrumen-penelitian/ [30 Maret 2024]

Republik Indonesia, (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan.

Roslina. (2017). Citra: Dimensi, Proses Pemngembangan Serta Pengukurannya. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Volume 6 No 3, Mei 2010: 333-346

S. Supriyanto dan Ernawati, (2010). Judul : Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Penerbit CV Andi Offset : Yogyakarta.

Selamet, N. (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Citra Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Puskesmas di Kecematan Sarang Kabupaten Rembang. Skripsi. Program Studi Manajemen, Negeri Semarang

Stefi, M. (2013). Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Penguna Jasa Rumah Sakit Advent Manado. Jurnal EMBA. Vol. I, No. 4: 493-503

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Th, Radiato A. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. XI, No. 2

Tjiptono, Fandy. (2014), Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-12-04

How to Cite

Diana Sari Wijayanti, I. ., Prihartanto Eko Wibowo, Khoiri Najib, Purwanta, & Fanny. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN CITRA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN PUSKESMAS MULIA BARU KABUPATEN KETAPANG PROVINSI KALIMANTAN BARAT. ALBAMA: JURNAL BISNIS ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN, 17(2), 54–71. https://doi.org/10.56606/albama.v17i2.235