PERKEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI KONSEP PEMASARAN
DOI:
https://doi.org/10.56606/albama.v17i1.153Keywords:
pemasaran, konsep pemasaran, marketingAbstract
Artikel ini dilakukan untuk menyampaikan perkembangan konsep pemasaran dan implementasinya. Pemaparan dimulai pada cakupan atau ruang lingkup pemasaran, lalu perkembangan konsep pemasaran dari awal munculnya hingga saat ini dan diakhiri dengan implementasi dari konsep pemasaran.
Pemasaran merupakan faktor yang penting dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Dalam sebuah perusahaan, peran pemasaran menjadi salah satu dari kegiatan utama dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya untuk berkembang dan mendapatkan keuntungan atau laba, namun yang tidak kalah penting selain laba adalah bagaimana perusahaan dapat memberikan kepuasan pada konsumen dalam pemenuhan kebutuhannya. Perluasan definisi pemasaran memunculkan ruang lingkup pemasaran yang luas pula. Proses ini terus ada sehingga memunculkan lebuh banyak fenomena pemasaran yang dianalisis dan diungkapkan oleh ahli pemasaran yang kemudian digunakan sebagai referensi dalam memahami konsep pemasaran dan digunakan dalam implementasinya di perusahaan, dimana dari awal konsep pemasaran yang menempatkan perusahaan sebagai awal dan akhir kegiatan perusahaan berubah menjadi konsumen yang ada pada posisi itu. Selain itu perkembangan peran pemasaran juga memberikan konsep alternatif terbaru dimana konsep pemasaran pemasaran sebagai network organization. Dimana pemuasan kebutuhan tidak hanya fokus pada konsumen namun juga seluruh stakeholder perusahaan. Untuk dapat memenuhi kepuasan konsumen, maka perusahaan menggunakan harus dapat menempatkan pemasaran sebagai konsep bisnis strategis yang memberikan kepuasaan konsumen dalam jangka panjang
Downloads
References
Assael, H. (1990),â€Assael marketing : Principles & Strategyâ€, Publisher: Thomson Learning
Bagozzi, R., (1975) “Marketing as Exchangeâ€, Journal of Marketing, 39, 4, pp.32-39.
Bennett, R. C. and R. G. Cooper (1979), “Beyond the Marketing Concept.†Business Horizons (June): 76-83.
Bennett, R. C. and R. G. Cooper (1981), “The Misuse of Marketing: An American Tragedy.†Business Horizons (Nov-Dec): 51-61.
Brown, S., (1993), “Postmodern Marketing?â€, European Journal of Marketing, 27 (4): 1 – 34
Brown, Stephen (1995), “Life Begins at 40? Further thoughts on marketing’s “mid-life crisisâ€, Marketing Intelligence & Planning, 13 (1).ABI.Inform global.pg 4
Boarden,H.N,(1964),â€The Concept of the Marketing Mix†Journal of Advertising Research
Drucker,P.F.(1969),â€The Practice of Managementâ€, New York : Harper & Row
Denison,T. and M.Mc Donald(1995).â€The Role of Marketing Past,Present and Futureâ€,Journal of Marketing Practice :Applied Marketing Science
Fullerton (1988),â€How Modern is modern marketing ?,Marketing’s evolution and the myth of the production eraâ€, Journal of Marketing. Vol.52.pp.108-25
Houston, F., (1986) “The Marketing Concept: What it is and what it is notâ€, Journal of Marketing, 50, 2, pp.81-87
Hunt, S.D. (1991) Modern Marketing Theory. Critical Issues in the Philosophy of Marketing Science, South Western Publishing Company. Chapter 1.
Keith, R. J. (1960), “The Marketing Revolution.†Journal of Marketing 24 (January): 35 - 38.
Kotler, P., & Levy, S.J. (1969), ‘Broadening the Concept of Marketing’, Journal of Marketing, January, pp.10-15.
Kotler, P. (1972), “A Generic concept of Marketing.†Journal of Marketing 36 (April): 46 – 54
Kotler, P.(1997),†Marketing Management: Analysis, Planning, and Controlâ€. 9th Ed. London: Prentice-Hall, International.Inc
Levitt, T.(1960), ‘Marketing Myopia’, Harvard Business Review, Jul-Aug, pp.45-63.
Nataraajan, R. and Bagozzi, R. P. (1999), “The Year 2000: Looking Backâ€, Psychology & Marketing 16 (8)
Stanton, W.J.(1994), Fundamentals of Marketing, 10th Ed. Tokyo: Kogakusha, McGraw-Hill Book Company
Webster (1992),â€The changing role of marketing in the corporationâ€, Journal of marketing.Vol.56.Oktober.pp.1-17