PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA YOGYAKARTA DI SHOPEE
DOI:
https://doi.org/10.56606/albama.v15i2.74Keywords:
price, Product Quality, Discount, Purchase Decision, ShopeeAbstract
This research was conducted with the aim of knowing the effect of price, product quality, and discounts on purchasing decisions of Yogyakarta students at Shopee. This research method uses multiple linear regression analysis using SPSS version 28.0.1.1 for windows. The sample used in the study was 114 people. The sampling method uses accidental sampling technique Based on the results of the analysis there is a significant influence of price, product quality, and discounts on purchasing decisions. In addition, from this study it is also known that product quality dominates in influencing purchasing decisions. It is also known that all independent variables have a simultaneous effect on the dependent variable with a percentage of 54.6%. Purchase decisions (dependent variable) are influenced by independent variables while the remaining 45.4% are influenced by other variables not included in this research model.
Downloads
References
Ardiansyah, A. At Al (2020). Pengaruh Diskon Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusaan Pembelian Produk Online Shop Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Stie Bima). Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi (Jpensi).
Amalia, N. R., & Saryadi, S. (2018). Pengaruh Kemudahan Akses Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Pada Market Place Shopee Situs Online Tiket. Com. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.
Devi, L. K. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Diskon, Dan Promo Terhadap Keputusan Pembelian Pada Market Place Shopee. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi.
Dirwan, D., Themba, O. S., & Latief, F. (2021). Aspect Purchasing Decisions at Consumers Lazada: Trust, Price, Tagline. Jurnal Economic Resource.
Dwi, D. E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Diskon, Dan Keputusan Pembelian Online Maharani Prima Skin Care Di Blitar. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis.
Fatmaningrum, S. E. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah Mea.
Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harg Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity.
Hidayat, G., Rachma, N., & Asiyah, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan
Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang Angkatan 2016-2018). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen.
Khulugi, M. H., Hufron, M., & Hatneny, A. I. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus konsumen Grab di Kelurahan Pakis Jajar Kab Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen.
Monintja, R. Y., Mandey, S., & Soegoto, A. S. (2016). Analisis merek, promosi dan harga pengaruhnya terhadap keputusan pembelian di Gelael Swalayan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi,
Octhaviani, S. E. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Produk, Kualitas Produk, Dan Harga Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Kopi Pada Pengguna Aplikasi Grab Food Di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Mea.
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. JURNAL MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta
Sulistiani, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Yang Berdampak Pada Loyalitas Pelanggan Produk Hydro Coco Pt Kalbe Farma. Jurnal Pendidikan,Hukum Dan Bisnis.
Thembe, O. (2021). Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee Melalui Harga,Diskon,Promo Ongkos Kirim Dankualitas Produk. Jurnal Ilmiah Mea.
Tulangow, S. G., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Promosi dan
Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian PT. Shopee International Indonesia Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB.
Turyandi, I. (2021). Kualitas Produk Dan Saluran Distribusi Sebagai Faktor Dominan
Dalam Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Di Bandung Raya. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi).