PENGARUH PRODUK, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI OJEK ONLINE (OJOL) PADA MASA COVID-19 DI KOTA YOGYAKARTA

Authors

  • Heru Noor Rakhmawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Solusi Bisnis Indonesia
  • Junaidi Affan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi sbi

DOI:

https://doi.org/10.56606/albama.v14i2.97

Keywords:

Product, Promotion, Service Quality, Purchase

Abstract

The Purpose of this study was to determine the effect of product, promotion and service quality on purchasing decisions through online motorcycle taxis (ojol) during the covid-19 period in the city of Yogyakarta. Data collection techniques through interviews with data collection instruments in the form of questionnaries. This study uses quantitative analysis techniques using validity test, reliability test, classical assumption test, multiple linier regression analysis, coefficient of determination, significance test ( t test and F test). The result of the study obtained the result of the regression equation Y = 0,431+0,091X1+0,289X2+0,534X3, which means that product, promotion, and service quality affect purchasing decisions through online motorcycle taxis (ojol) during the covid-19 period in the city of Yogyakarta

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cholifatun Nisak. Pengaruh Harga, Keragaman Model, Produk, Kualitas Informasi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online pada Toko Tas Online Sabilla Store. Program Studi Administrasi bisnis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Diponegoro
Dino Achiriza Ilham, Dr. H. Samari, S.E., M. M & Ismayantika Dyah P., SE., M.BA. 2017. Pengaruh Kepercayaan, Keamanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Online Store Lazada Sebagai E-Comerce Terpecaya di Indonesia. Fakultas Ekonomi – Prodi S1 Manajemen. Universitas Nusantara PGRI Kediri
Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.
Fandy Tjiptono. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakata. Andi.

Jackson R.S Weenas. 2013. Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comporta. Jurnal EMBA, Vol 1 No. 4.
Jifly Kandoli. 2019. Analisa Pengaruh Promosi, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Penggunaan Taxi Online Go-Car Oleh Mahasiswa Feb Unsrat. Fakultas ekonomi dan bisnis jurusan manahemen. Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA Vol 7 No 3 Hal 3458-3467.
Kelvin, andriasan Sudarso & Fajrillah. 2020. Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IBBI, Medan. Vol. 1 No. 1 Februari 2020 Hal. 1-10.
Kotler, Phlip and Gary Armstrong. 2012 Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Muliani & Faradina Inda Wardhani. 2020. Pengaruh Promosi di Instagram dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Nasi Penggoda Secara Online Melalui Ojek Online (OJOL) Pada Masa Karantina Covid-
19 di Kota Yogyakarta. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Pontianak. Vol. 10 No. 2 Juni 2020.
Naufal An Naafi dan Raden Sugeng Basuki. 2017. pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Grapari Telkomsel Malang. Administrasi Niaga, politeknik, negeri malang. E-ISSN: 2407- 5523. ISSN: 2407-3741.
Santri Zulaicha dan Rusda Irawati. 2016. Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Morning Bakery Batam. Prodi administrasi bisnis terapan. Politeknik negeri batam. ISSN: 2338-4840.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan D&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan D&D. Bandung: Alfabeta.
Sekaran, Uma. 2006. Metode Penelitian Untuk Bisnis Buku 2 Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.
Tony Wijaya, 2013. Metode Penelitian Ekonomi Dan Bisnis. Graham Ilmu Yogyakarta.
Yenny Yuniarti. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi. Vol 18, No 1, hal 27-37. ISSN: 0852-8349.
Yugi Setyarko. 2016.Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Layanan, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Budi Luhur Jakarta. Vol 5 No 2. ISSN: 2252-6226.
Zahrah Nabila Azka. 2017.Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan dalam Belanja Online Terhadap Kepuasan Konsumen Traveloka.Program Pascasarjana Universitas Pasundan. Bandung.
https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/revolusi-teknologi-abad-21-apa-itu- 4604/
https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/17/061100265/trending- dirumahajadulu-dan-mengapa-social-distancing-bisa-tekan-penularan?page=all
https://www.researchgate.net/publication/341030931_DAMPAK_PANDEMI_CO VID-19_TERHADAP_BISNIS_DAN_EKSISTENSI_PLATFORM_ONLINE_THE_I MPACT_OF_COVID- 19_PANDEMIC_ON_BUSINESS_AND_ONLINE_PLATFORM_EXISTANCE

Downloads

Published

2022-10-16

How to Cite

Rakhmawati, H. N., & Affan, J. (2022). PENGARUH PRODUK, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI OJEK ONLINE (OJOL) PADA MASA COVID-19 DI KOTA YOGYAKARTA. ALBAMA: JURNAL BISNIS ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN, 14(2), 49–61. https://doi.org/10.56606/albama.v14i2.97