PENGARUH DIRASAH DI PESANTREN TERHADAP MANAJEMEN PEMBELAJARAN MAHASISWA

Authors

  • Mochamad Rofik Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.56606/albama.v15i1.24

Keywords:

Dirasah, Learning Management, Students

Abstract

The purpose of this study was to determine the learning management of students at STIKES Surya Global Yogyakarta. The method used in this study is a quantitative method with 66 samples. The results of the R2 test in this study were 0.39 or 39%. This means that the magnitude of the influence of the dirÄsah variable on the learning management of students at the Surya Global School of Health Sciences (STIKES) of Surya Global Yogyakarta is 39%, while the remaining 61% (100% - 39%) must be explained by other causal factors. The result of t count shows t count > t table (13,193 > 2,52); There is a significant influence between dirÄsah on the learning management of students at Surya Global School of Health Sciences (STIKES) Yogyakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cepi dan Asep Sudarsyah, “Program Penelitian Inovasi Pembelajaran (Pembangunan ‘Knowledge Centre’ Manajemen Sekolah Untuk Meningkatkan Kemampuan Profesi Mahasiswa Kependidikan)”, Jurnal Pendidikan Vol 14, No 1 (2014). FIP Universitas Pendidikan Indonesia dalam www. portalgarudakemenristekdikti.go.id .
Hadi, Rahmini, Bedah Kasus: Salah Satu Teknik Pembelajaran Student Centered Learning untuk Mengasah Kompetensi Manajemen, Jurnal INSANIA, Vol. 14, No. 2, Mei-Ags 2009.
Hasbi Wahy, “Manajemen Pembelajaran Secara Islami”, Jurnal Ilmiah Didaktika, Vol. XIII, No. I, Agustus 2012.
Husenyinli, Ali dkk, Manajemen guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Fatih Bilingual School, Lamlagang, Banda Aceh”, Jurnal Administrasi Pendidikan: Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala, Vol.4, No. 2, November 2014.
Ilyas, “Kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik dosen pendidikan agama islam di Universitas Negeri Semarang”, Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol.31, No.02. 2014.
Mariati, Manajemen Pembelajaran Al Quran Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Cabang Iii Ingin Jaya, Aceh Besar, Jurnal Pencerahan, Vol.6, No. 2, September 2012.
Mindani, Fungsi Manajemen Diri Siswa SLTP dalam Memahami Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurnal Al-Ta’lim, Vol. 21, No. 1, Februari 2014.
Syukur, Fatah, “Reorientasi manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Deradikalisasi Agama”, Jurnal Walisongo, Vol. 23, No.1, Mei 2015, LP2M UIN Walisongo: Semarang.
Thoyib, Muhammad, “Model Manajemen Mutu Pembelajaran Entreprenuership Berbasis Sistem Nilai : Studi Analisis Kualitatif di Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur”, Jurnal Kodifikasia Vol 8, No. 1, 2014.
U Tawadhuah, Landasan Teori dan Kajian Pustaka Manajemen Pembelajaran, Jurnal LENTERA PENDIDIKAN, VOL. 15 NO. 2 DESEMBER 2012 dalam eprints.walisongo.ac.id/6059/3/BAB%20II.pdf
Ali, Muhammad, Guru dalam Proses Belajar Mengajar, (Sinar Baru Algensindo: Bandung), 2010.
Al Munawwir, Ahmad Warson, Kamus Al Munawwir Arab-Indonesia, Ed. 2, (Pustaka Progresif: Surabaya), 1997.
Arikunto, Suharsimi, Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara. 2006.
Ash Shabuny, Muhammad Aly, Pengantar Study Al-Qur’an, (Bandung: PT Al Ma’rif), 1996.
Achmadi, Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan, Aditya Media, Salatiga, 1990.
Basuki, Sulistyo, Metode Penelitian, Penaku: Jakarta, 2006.
Ghazali, Imam, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 edisi VIII, (Badang Penerbit: Universitas Diponegoro: Semarang), 2016.
Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, (PT. Bumi Aksara: Jakarta), 2008.
Hami Seno, Winarno, Petunjuk Pelaksanaan Proses Bela¬jar Mengajar, (Depdikbud RI : Jakarta), 1990.
_______, Petunjuk Pelaksanaan Pengelolaan Kurikulum, (Depdikbud RI : Jakarta), 1990.
Idrus, Muhammad, Metode Penelitian Ilmu Sosial, Erlangga, Jakarta. 2009.
Komsiyah, Indah, Belajar dan pembelajaran, (Teras: Yogyakarta), 2012.
Latan, Hengky dan Selva Temalagi, Analisis Multivariate Menggunakan Program IBM SPSS 20.0, Alfabeta: Bandung, 2013.
Majid, Abdul Perencanaan Pembelajaran: mengembangkan standar kompetensi guru, .........., 2011.
Muchit, Saekhan, Pembelajaran Kontekstual, (Rasail Media Grup: Semarang), 2008.
Mulyono, Strategi Pembelajaran: Menuju Efektifitas Pembelajaran di Abad Global, (UIN-Maliki-Press: Malang), 2012.
Nurgiantoro, Burhan Dasar-dasar Pengembangan Kuriku¬lum Kampus, (BPFE: Yogyakarta), 1988.
Pratt, David Curriculum Design and Development, (HBJ Publishers: New York), 1980.
Priyatno, Dwi, Mandiri Belajar SPSS, Mediakom , Yogyakarta. 2009.
Saefullah, Manajemen Pendidikan Islam, Pustaka Setia : Bandung, 2012.
Shaleh, Abdul Rahman, Didaktik Pendidikan Agama, Bulan Bintang : Jakarta, 1976.
Soetopo, Hendyat dan Wasty Soemanto, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum, Bina Aksara : Bandung, 1986.
S.P. Hasbuan, Malayu Manajemen; Dasar, pengertian, dan Masalah, (PT Bumi Aksara: Jakarta), 2007.
S. Nasution, Asas-asas Kurikulum, Bumi Aksara: Jakarta, 1995.
Sudjana, Nana, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Kampus, Sinar Baru: Bandung, 1991.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Alfabeta, Bandung), 2010.
______ Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Alfabeta, Bandung), 2014.
______, Statistika untuk Penelitian, (Alfabeta: Bandung), 2010.
Suharso, Puguh, Metode Penelitian Kuantitatif untuk Bisnis: Pendekatan Filosofi dan Praktis, (Indeks, Jakarta), 2009.
Sujarweni, Wiratna, SPSS Untuk Penelitian, (Pustaka Baru: Yogyakarta), 2015.
Suryabrata, Sumadi, Metodologi Penelitian, (Raja Grafindo Persada: Jakarta), 1998.
Syaifurahman dan Tri Ujiyati, Manajemen Dalam Pembelajaran, (Indeks: Jakarta), 2013.
Umar, Husain, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, (Rajawali Persada: Jakarta), 2009.
Wibowo Edy, Agung, Aplikasi Praktis SPSS Dalam Penelitian, Catatan ke-1, (Gava Medika: Yogyakarta), 2012.
Zuhairini, dkk., Methodik Khusus Pendidikan Agama, (Biro Ilmiah Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel: Malang), 1983.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Rofik, M. (2022). PENGARUH DIRASAH DI PESANTREN TERHADAP MANAJEMEN PEMBELAJARAN MAHASISWA. ALBAMA: JURNAL BISNIS ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN, 15(1), 18–28. https://doi.org/10.56606/albama.v15i1.24